Image of IMPLEMENTASI PENERBITAN 
SERTIFIKAT PENGGANTI HAK MILIK 
ATAS TANAH YANG HILANG

Text

IMPLEMENTASI PENERBITAN SERTIFIKAT PENGGANTI HAK MILIK ATAS TANAH YANG HILANG



Sertifikat hak atas tanah yang ditegaskan oleh peraturan perundang-undangan merupakan surat tanda bukti hak, yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat pembuktian yang kuat mengenai pemilikan terhadap hak atas tanah. Kekuatan hukum sertifikat hak atas tanah sebagai bukti pemilikan hak atas tanah dilihat dari sistem pendaftaran tanah yang dipakai. Dalam Sistem pendaftaran tanah dikenal adanya dua system pendaftaran tanah, yaitu sistem pendaftaran akta (registration of deeds) dan sistem pendaftaran hak ( registration of titles).
Sistem pendafataran yang digunakan oleh Indonesai adalah sistem pendaftaran hak (registration of titles), sebagaimana digunakan dalam penyelenggaraan pendaftaran tanah menurut PP 10/1961. Karena pentingnya pendaftaran tanah tersebut, maka baik petugas pendaftaran maupun masyarakat diminta untuk saling membantu agar tercapai apa yang menjadi tujuan pokok pendaftaran tanah itu sendiri. Dengan berjalannya waktu kepemilikan pemegang hak atas tanah terhadap sertifikat tanah, seringkali terjadi permasalahanpermasalahan tentang sertifikat yang dimilikinya. Padahal sertifikat tanah adalah sangat penting dan merupakan suatu alat bukti yang kuat terhadap kepemilikan hak atas tanah.
Permasalahan tersebut misalnya rusaknya sertifikat hak atas tanah yang disebabkan karena kerusakan tidak disengaja akibat bencana alam ataupun kerusakan karena kertas yang termakan usia maupun tersobeknya sertifikat karena kecerobohan pemegangnya, sehingga tidak bisa terpakainya atau terbacanya sertifikat tersebut. Selain rusaknya sertifikat masalah lain yang dihadapi pemegang sertifikat adalah hilang yang tidak diketahui S ~ vi ~ keberadaannya, sehingga hal tersebut sangat merugikan pemegang hak atas tanah. Buku ini mengkaji pada fokus perkara yaitu tentang penertiban sertifikat tanah yang seringkali terjadi. Diharapkan setelah membaca buku ini, permasalahan sertifikat tanah di Indonesia dapat diselesaikan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
IMPLEMENTASI PENERBITAN SERTIFIKAT PENGGANTI HAK MILIK ATAS TANAH YANG HILANG
No. Panggil
085234297635
Penerbit : universitas boyolali.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
pdf
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini